6 Manfaat dan Keuntungan Ujian Berbasis Komputer atau Online

Manfaat Ujian Berbasis Komputer atau Online - Ujian berbasis Komputer atau ujian yang dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer saat ini sudah banyak sekali diterapkan di banyak sekolah di Indonesia karena ujian berbasis Komputer atau online ini memiliki banyak segi keuntungan dan efektifitas dibanding dengan cara lama atau masih menggunakan kertas.

Selain itu Ujian yang berbasis komputer juga dianggap dapat memajukan sekaligus menambah wawasan bagi para pesertanya agar lebih paham cara mengoperasikan komputer khususnya bagi mereka yang masih minim pengetahuan teknologi.

Saat ini sudah banyak sekali ujian-ujian atau test yang dilakukan secara online atau berbasis komputer ini seperti yang kita ketahui bersama adalah, UNBK, Test CPNS, Test Melamar Bekerja Perusahaan dan lain sebagainya, hal ini disebabkan karena Ujian yang diselenggarakan berbasis komputer atau online ini memiliki banyak sekali keunggulan seperti .


Manfaat Menyelenggarakan Ujian Berbasis Komputer atau Online

Manfaat Ujian Berbasis Komputer atau Online

Seperti yang sudah dijelakan diatas bahwa Ujian berbasi komputer atau Onine ini memiliki banyak sekali manfaat dan berikut kami ulas beberapa manfaat dari penyelenggaraan ujian berbasis komputer atau online ini :

1. Menghemat Kertas

Jika dulu segala macam bentuk Ujian menggunakan kertas maka bisa kita bayankan berapa banyak kertas yang harus dikeluarkan untuk setiap kali mengadaan sebuah ujian, dibandingkan dengan Ujian menggunakan Komputer ini penggunaan kertas ini bisa dikurangi dan dengan mengurangi penggunaan kertas juga turut menyelamatkan hutan.


2. Menghemat Biaya atau Anggaran

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa ujian berbasis komputer ini akan sangat menghemat biaya atau anggaran yang dikeluarkan pasalnya ujian berbasis komputer ini hanya memerlukan biaya untuk pengadaan dan perawatan Perangkat komputer saja, dan perangkat komputer inipun bisa digunakan berulang-ulang kali.

Jadi kalau boleh dibilang ujian berbasis komputer ini hanya butuh modal diawal untuk pengadaan alat dan barang dan selanjutnya hanya butuh perawatan.


3. Mempercepat Pengerjaan Soal

Dalam mengerjakan sebuah ujian atau test tentu kita diwajibkan untuk mengisi Biodata diri dengan cara menghitam-hitamkan atau menulis pada lembar jawab yang tersedia, dan hal tersebut dapat membuat pengerjaan soal sedikit terhambat terutama bagi mereka yang memiliki "Identitas" yang panjang.

Dan Hal ini berbanding terbalik dengan Ujian berbasis Komputer yang pesertanya hanya diminta untuk mengetik "Identitas" mereka pada form yang disediakan.


4. Mempermudah Proses Koreksi

Kendala yang sering dihadapi oleh banyak pengajar atau guru adalah bukan hanya mereka dituntut membuat soal tetapi mereka juga dituntut untuk meng-koreksinya ketika ujian telah berakhir, ha ini yang kadang membuat para pengajar sering kelelahan karena mereka harus meng-koreksi  lembaran- lembaran  jawaban apalagi jika peserta ujiannya banyak sekali tentu hal ini akan sangat merepotkan dan membutuhkan banyak tenaga.

Maka dengan Teknologi IT selain Proses Pengerjaan soal  yang lebih cepat dan efektif Proses Koreksi juga demikian.


5. Tidak perlu Mencetak Soal

Ujian yang berbasis Komputer atau Online tidaklah membutuhkan banyak kertas sama seperti yang tertulis pada poin pertama, dan proses Mencetak Soal ini bukanlah hal mudah, perlu waktu untuk proses layouting pengecekan dan sebagainya.

Karena Ujian Berbasis Komputer  atau online ini  yang diperlukan hanya akses Soal yang disediakan oleh Server.


6. Tidak Perlu Mengirim Soal Hingga Ke Pulau-Pulau

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara yang sangat luas yang terdiri dari banyak sekali pulau-pulau maka ketika hendak mengadakan Ujian Nasional pemerintah harus menyediakan dan mengirim soal jauh-jauh hari ke pulau-pulau yang ada di Indonesia.

Banyak sekali kendala yang bisa dialami ketika proses pengiriman ini seperti harus melewati lautan yang sangat luas, melewati hutan, mendaki gunung  terguyur hujan dan sebagainya, dan belum tentu soal yang sampai pada tujuan tersebut masih layak digunakan.

Makanya dengan adanya Ujian Berbasis Komputer ini semua halangan dan kendala seperti diatas dapat diminimalisir serta resiko untuk terlambat menyelenggarakan ujian pun dapat diatasi.


Dan itulah tadi pembahasan atau uaraian dari Manfaat dari Ujian berbasis Komputer atau Online yang dapat saya paparkan apabila ada yang kurang berkenan atau beberapa hal perlu diperbaiki dari uraian diatas bisa dituliskan pada kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel