Cara Mengganti Background foto menjadi Merah atau Biru, Mudah Banget

Cara Merubah Background foto – Dalam kehidupan sehari-hari kadang kita dituntut untuk memiliki sebuah foto dengan background yang berwarna merah ataupun biru, pas foto berwarna merah ataupun biru ini biasanya digunakan untuk berbagi keperluan.

Dan Pas foto berwarna ini sering diperlukan untuk melamar suatu pekerjaan, mendaftar kuliah ataupun untuk keperluan formal lainnya, maka untuk membuat atau memiliki pas foto berwarna merah ataupun biru kita bisa dengan mudah membuat ataupun mengeditnya dengan mudah.

Biasanya untuk membuat foto ber background merah ataupun biru ini yang harus kita lakukan adalah pergi ke sebuah studio foto tetapi jika anda enggan atau malas untuk ke studio foto tersebut kini kita bisa melakukan pengambilan gambar dan pengeditannya sendiri.

Untuk Cara membuat pas foto berwarna merah atau biru sendiri kita tidak memerlukan banyak peralatan mahal atau canggih lainya, yang perlu kita siapkan adalah camera pada Smartphone kita dan software Photoshop yang telah terinstall pada Pc ataupun laptop kita. 

Cara Merubah Background Foto menjadi warna merah atau biru

Cara Merubah Backround Foto menjadi warna merah atau biru


Hal – hal yang harus dilakukan sebelum pemotretan

1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah melakuakn sesi pemotretan Usahakan ketika kita hendak mengambil foto carilah backgroun yang tidak banyak memiliki warna seperti yang saya contohkan adalah dengan memilih backgroun berwarna putih .

2. Karena ini untuk digunakan pada kegiatan atau sesuatu yang formal biasakan menggunakan pakaian yang formal pula dengan pose ataupun gaya yang tidak neko-neko cukup simpel saja yaitu tangan kearah bawah dan tatapan muka kearah depan.

3. Ingat bahwa kerapihan penampilan dalam foto itu sangatlah penting dalam sebuah foto, pasalnya pas foto ini akan kita gunakan untuk beberapa waktu kedepan dan tentu kita tidak ingin hasil yang kurang bagus gara-gara penampilan dalam foto kita jelek, maka usahakanlah untuk merapihan rambut dan pakaian sebelum pemotretan.


Proses pemotretan

1. Dalam proses pemotretan ini si objek atau orang yang akan di potret dianjurkan untuk berdiri dengan tegap menghadap kamera.

2.  Jika kita tidak memiliki kamera yang bagus atau mahal maka kita bisa menggunakan camera yang ada pada smartphone kita tetapi usahakan carilah kualitas kamera yang bagus agar foto yang dihasilkan juga bening alias tidak bureng.

Proses Editing untuk mengubah Background foto menjadi Merah atau Biru.
1.  Setelah proses pemotretan telah selesai maka selanjutnya kita lanjut ke bagina editing atau inti dari artikel yang saya buat ini, pertama kita buka terlebih dahulu software Photoshop pada laptop atau pc kita.

2. Kemudian setelah software telah terbuka kita masukan foto tadi yang akan kita edit backgroundnya menjadi warna merah atau biru dengan klik menu file – open kemudian kita cari dan Insert foto, atau kita juga bisa menggunakn shortcut keywboard yaitu klik tombol CTRL+O  Kemudian Insert Foto tadi.

3. Setelah itu maka secara otomatis gambar atau foto akan masuk kedalam ruang kerja software tersebut, maka setelah itu kita buka gembok yang terdapat pada tersebut dengan cara menekan Klik pada mouse 2x pada foto tersebut maka akan muncul tampilan New Layer  kita klik Ok.




4. Maka langkah selanjutnya yaitu kita seleksi foto yang kita pilih tadi dengan menggunakan Bantuan Lasso tool  yang berada pada urutan 3 dari atas kebawah seperti gambar berikut.



5. Setelah itu kita seleksi bagian yang akan kita potong atau pilih untuk nantinya kita jadikan foto tersebut memiliki backgroun warna merah atau biru seperti gambar dibawah ini, usahakan ketika menyeleksi object agar pas.

 

6. Maka ketik sudah kita kemudain Duplicate  foto yang kita seleksi tadi dengan cara menekan Shortcut  tombol CTRL + J , maka secara otomatis foto kita tadi bertambah menjadi 2 copy.

7. Setelah itu kita buat sebuah New Document   dengan cara tekan Tombol CTRL + N atau bisa juga ke Menu - New File  kemudian kita atur ukuran document tersebut sesuai dengan gambar berikut.




8. Maka akan keluar tampilan atau lembar document yang telah kita ukur tadi seperti dibawah ini, dan seperti biasa kita hilangkan gembok pada Layer tersebut dengan cara Double Click  pada objek.


9. Kemudian kita pilih Bucket Tool ( gambar Ember) guna memberikan warna kepada lembar tadi dan jangan lupa pilih warna merah ataupun biru untuk Background foto kita, disini saya memberikan contoh warna merah.






setelah itu kita Drag foto yang telah kita Duplicate tadi kedalam lembar kerja yang diatas dan sesuaikan ukurannya, maka foto kita tadi sudah memiliki background berwarna merah yang, tettapi ingat ini belum selesai, karena kita juga perlu untuk memoles foto tersebut  agar terlihat lebih rapih.




10. Agar foto kita tadi terliat lebih bagus dan rapi langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah dengan mengatur warna  wajah pada foto agar terlihat lebih terang dengan menggunakan Tool Autotone  dengan cara Menekan Tombol CTR+SHIFT+L secara bersamaan atau juga bisa melalui menuseperti gambar dibawah ini, Maka akan terlihat gambar tadi jadi lebih terang .



11. Dan langkah terahir ialah kita beri sedikir efek Blur  pada bagian samping atau tepi objek agar terlihat lebih rapih dan halus, jika sudah maka "Cara Mengganti Background foto menjadi Merah atau Biru"  ini telah kita lakukan.

Hasil Akhir


Maka tutorial Cara Mengganti Background foto menjadi Merah atau Biru ini telah sepenuhnya kita lakukan adapun apabila kita ingin memberikan beberapa efek lagi agar foto tersebut terlihat lebih bagus itu terserah anda,  dan itulah sedikit tutorial cara "Cara Mengganti Background foto menjadi Merah atau Biru"  yang dapat saya berikan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel