9 Hal yang Harus dilakukan Setelah Ganti Domain Menjadi TLD

Masdida.com - Agar sebuah Blog menjadi  telihat lebih Profesional dan mudah di ingat dan memiliki brand tentu yang harus kita lakukan adalah dengan mengupgrade Domain  menjadi TLD, Top level Domain ini adalah deretan kata yang digunakan sebagai Akhiran dari sebuah Blog atau website seperti contoh .com .id .org .co.id dan masih banyak lagi lainya.

Untuk mendapatkan Domain TLD ini tidak lah gratis tetapi kita perlu melakukan pendaftaran dan membayar fasilitas biaya sesuai dengan harga domain yang kita inginkan kepada Jasa Penyedia layanan Hosting atau Domain seperti Hostinger.com Rumahweb.com dan lain-lain.

Dalam menentukan dan memilih sebuah Domain kita juga harus memikirkan dan memperhatikan domain baru yang akan kita buat apakah dengan domain baru tersebut kita akan menciptakan sebuah Branding Blog atau memilih nama Domain yang berkualitas SEO, sehingga akan berdampak pula pada keberlangsungan Proses Blogging tadi.



Beberapa Hal yang harus dilakukan setelah ganti Domain menjadi TLD

Image by EstudioWebDoce on Pixabay

Dengan Membuat Blog Gratisan pada Platform  Blogspot dan Wordpress pastinya kita akan mendapat Subdomain seperti .blogspot.com atau .wordpress.com   yang seringkali membuat blog kita terlihat tidak profesional kurang menarik dan kadang dipandang sebelah mata oleh pembaca, maka untuk mengubahnya menjadi sedikit lebih baik kita haruslah bermigrasi atau mengupgrade menjadi Top Level Domain.

Dalam Proses mengupgrade nya ada beberapa langkah yang harus kita ikuti dan biasanya setiap dari Penyedian layanan Hosting tersebut akan memberikan sedikit kita tutorial cara men-setting domain baru kita agar dapat terpasang dengan baik pada blog kita, dan setelah semua Prosesnya setelah maka ada Beberapa Hal yang harus dilakukan setelah ganti Domain menjadi TLD senagai berikut:



1. Men-Submit ulang Blog pada Webmaster Tools


Setelah blog kita diganti domain nya menjadi Top Level Domain maka hal pasti terjadi terjadi ialah penurunan jumlah Indeks secara drastis, hal ini disebabkan karena Google belum mengenali blog kita dan untuk menjadi kembali dikenal oleh Google maka kita haruslah men-submit Blog kita pada Webmaster tool seperti Google Webmaster Tool (Search Console) atau pada Bing webmaster Tools.

Lakukanlah submit ulang dan verifikasi Blog kita pada kedua Webmaster Tools tersebut agar Blog dan Artikel kita dapat kembali dikenali oleh Mesin pencari, dalam proses Reindeks ini  biasanya cukup akan memakan waktu yang relatif lama sekitar 1 atau 2 minggu baru semua artikel dapat terindeks.



2. Men-Submit ulang Sitemap Blog 


Setelah kita sebelum telah melakukan Submit dan verifikasi Blog pada Webmaster tools maka selanjutnya yang harus kita lakukan adalah melakukan Submit ulang Sitemap Blog kita, Sitemap secara singkat adalah kumpulan dari Url -url halaman yang ada pada blog kita.

Tujuan dari Submit Sitemap ulang ini adalah agar semua alamat Url Halaman Blog kita dapat kembali dikenali oleh mesih telusur dan cepat kembali terindeks oleh Google.



3. Mendaftarkan Kembali blog pada Google Analytics


Google Analytics adalah sebuah layanan Gratis dari Google yang berfungsi untuk memantau dan melihat perkembangan dari Blog kita, dengan menggunakan layanan ini maka kita akan dengan akurat melihat kinerja blog kita secara lengkap mulai dari jumlah pengunjung, Sumber lalulintas dan masih banyak lainya.

Maka dari itu lakukanlah pendaftaran ulang kepada Google analytics ini, kenapa kita harus mendaftarkan ulang padahal sebelumnya kita sudah memiliki akun Google analytics ini ? Akun Google analytics yang sebelumnya sudah kita miliki tersebut adalah akun untuk domain blog sebelumnya dan kita harus mendaftar dan vertifikasi lagi  jika ingin memonitor blog kita.



4. Submit Ulang Url Artikel Blog


Walaupun sebelumnya kita sudah mendaftar dan melakukan submit Sitemap Blog pada Google Webmaster Tools ternyata itu tidaklah membuat halaman blog kita cepat untuk terindeks, maka untuk mengakali agar semua artikel dapat cepat terindeks adalh dengan kita melakukan Submit ulang Url Artikel  konten lama dan setiap kali menerbitkan konten baru blog kita.

Mungkin men-submit semua Url Artikel Blog ini akan memakan waktu lama jika Blog yang diganti Domain TLD ini sudah terlanjur memiliki banyak sekali artikel, namun sedikit tips dari saya adalah hendaknya kita harus sudah mempersiapkan Domain TLD ini sejak Blog kita dibangun yang otomatis masih memiliki jumlah artikel yang sedikit.


5. Tetap Rajin Menulis Artikel 


Menulis artikel pada sebuah blog memang akan terasa sangat sulit dan justru kita seringkali merasa malas untuk mengupdate Postingan setiap harinya, dengan kita rajin menulis artikel maka blog yang kita bangun pun akan lebih cepat berkembang dan resiko terbengkalai pun dapat dihindari maka agar kita tetap rajin dalam memposting artikel kita perlu membuat beberapa perencanaan atau aturan  dalam menulis blog.

Baca juga : Cara Menghilangkan Rasa Malas Menulis artikel Blog


6. Memperbaiki Konten agar lebih Berkualitas


Sebuah Blog adalah media untuk menyampaikan Berita informasi atau ilmu pengetahuan kepada para pembacanya, maka agar blog kita tidak terkesan main main dan lebih Profesional maka kita juga harus memberikan konten yang berkualitas dan pastinya akan memberikan manfaat pada kita dan pengunjung blog kita.

Membuat konten yang berkualitas juga berdampak pada SEO  blog kita yang kemudian akan membuat Mesin telusur akan dengan mudah menemukan Blog kita, Buatlah Konten yang  lengkap dan berkualitas dengan panjang minimal 500 kata atau lebih.


7. Memperbaiki Broken Link


Broken Link atau biasa dikenal dengan link yang rusak adalah salah satu penyebab Blog kita kurang begitu disenangi oleh Mesin Pencari  hal itu disebabkan karena dengan adanya Broken Link menunjukan Blog kita tidak begitu sehat dan baik karena diibaratkan Blog kita memberikan jalan yang buntu.

Maka setelah mengganti Domain menjadi TlD maka kita juga perlu untuk mengecek dan memperbaiki Broken Link yang ada di blog kita tersebut.



8. Menggunakan Template yang SEO 


Sebenarnya menggunakan Template yang SEO friendly ini sudah dari awal saat kita baru akan membangun Blog, Tujuanya adalah agar blog kita sejak dari awal teroptimasi dengan baik dan tidak membuat kita pusing jika harus mengganti Template dikemudian hari karena kurang SEO.

Baca juga : Tips memilih Template yang SEO Freindly

Pemilihan Template seharusnya sudah dari awal sudah kita perhatikan dengan baik karena hal ini menyangkut Progres kedepanya, untuk bisa mendapatkan tempate yang SEO kita membeli kepada para pembuat Template SEO  Seperti  Template Viomags dari Mas Sugeng ini.


9. Berdo'a 


Dan Langkah yang terakhir setelah mengganti atau mengupgrade domain kepada Top level Domain ini adalah dengan Berdo'a meminta kelancaran dalam kegiatan Blogging ini dan tidak lupa pula kita bersyukur atas semua nikmat yang telah Allah berikan pada kita.


Dan itulah tadi Beberapa Hal yang harus dilakukan setelah ganti Domain menjadi TLD  yang semoga pada artikel ini memberi sedikit pengetahuan dan informasi tentang kegiatan Blogging ini dan kita tetap semangat menulis dan menshare informasi pengetahuan bersama, apabila ada kesalahan atau hal yang kuran pas mohon untuk diperbaiki bersama agar senantiasa saya tetap rajin menulis artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel