Macam Jenis Jaringan Komputer Beserta Pengertiannya

Macam dan Jenis Jaringan Komputer - Jaringan Komputer adalah sistem telekomunikasi yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi atau data, Aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Jadi dengan adanya sebuah jaringan komputer memungkinkan para penggunanya untuk saling berkomunikasi dan mendapatkan sebuah informasi atau data dan tentunya dengan kecepatan dan kemudahannya.

Jaringan Komputer ini juga memiliki berbagai jenis yang dapat dibedakan berdasarkan bentuk, jangkauan geografis, medai transmisi dan sebagainya, dan berikut ini saya akan mencoba menulis Jenis - Jenis dari Jaringan Komputer ini.


Macam Jenis Jaringan Komputer

Macam Jenis Jaringan Komputer
Gambar oleh Bethany Drouin dari Pixabay

Jaringan komputer secara umum terbagi menjadi 4 bagian kategori yang dapat kita bedakan melalui Media Transmisi yang digunakan, Jangkauan Geografis, Tugas dan hubungan komputer, Media Pengiriman data dan Topologi jaringan yang digunakan.


Dan berikut Adalah penjelasan Jenis Jaringan komputer Berdasarkan dari kelima hal diatas yang bisa kita pelajari dan pahami :


A. Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi


1. Jaringan Kabel (Wired Network)

Jaringan berkabel atau yang biasa kita sebut dengan Wired Network adalah jaringan yang Media Pengiriman Datanya menggunakan bantuan Kabel, Kabel yang digunakan ini berfungsi untuk menghubungkan antar komputer satu dengan komputer lainya sehingga dapat bertukar informasi maupun data, dan contoh dari kabel yang digunakan adalah Kabel UTP, Fiber Optic dan sebagainya.


2. Jaringan Nirkabel (Wireless)

Jaringan Nirkabel adalah jaringan yang tidaak membutuhkan kabel sebagai media transmisi nya tetapi jaringan Wireless ini membutuhkan sinyal Elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal Informasi data antara satu komputer dengan komputer lainnya, dan contoh alat yang digunakan adalah Modem, Acces Point, Router, Wireless adapter dan lain sebagainya.



B. Jaringan Komputer Berdasarkan Tugas Masing-Masing Komputer


1. Jaringan Peer to Peer

Jaringan Peer to Peer adalah jaringan komputer yang tiap-tiap komputer memiliki peranan yang sama baik itu komputer Server dan Client, jadi pada jaringan Peer to Peer ini semua Komputer bisa menjadi sebuah kompuer Server dan Komputer Client.

2. Jaringan Client Server


Jaringan Client Server adaah jaringan komputer yang mana jaringan ini terbentuk atau tersusun dari Komputer Server dan Komputer Client, biasanya Pada jenis jaringan Client server ini tersusun Satu Komputer Server dan beberapa Komputer Client.

Pada Jaringan ini Komputer Server bertugas memberikan akses dan sumber daya informasi yang mana nantinya akses atau sumber daya tersebut digunakan oleh Komputer Client.



C. Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis


1. Local Area Network (LAN)

Local arena Network atau yang biasa kita singkat menjadi Lan ini adalah Jaringan Komputer yang hanya mencangkup area yang sempit atau lokal, Jaringan Lan ini biasanya dapat kita temui pada Warnet, Lab Kampus, dan sebagainya, dan perangkat jaringan yang digunakan cukup sederhana yaitu seperti Kabel UTP ( Unshielded Twisted-Pair), Hub, Router dan sebagainya.


2. Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan Metropolitan Area Network atau Man ini adalah jaringan yang jangkauan wilayahnya lebih luas dan canggih daripada jaringan Lan, disebut dengan Jaringan Man ini adalah karena Jenis Jaringan ini bisa menghubungkan antara Komputer dari suatu kota ke kota lainnya.

Jaringan Man ini sering juga disebut dengan gabungan dari beberapa Jaringan Lan, contoh dari jaringan Man ini biasanya dapat kita temui pada Mall mall yang yang terhubung antar kota atau juga kantor kantor yang berada dalam jangakaunnya.




3. Wide Area Network (MAN)

Wan adalah singkatan dari Wide Area Network  yaitu jenis jaringan yang cakupan areanya jauh lebih luas dan besar,Jaringan Wan ini bisa terdiri dari berbagai jaringan Lan dan Man, contohnya adalah Jaringan yang menghubungkan wilayah atau negara dengan suatu negara lain.


Karena Jaringan ini mencangkup wilayah yang sangat luas maka dibutuhkan juga kecepatan dalam aksesnya dan biasanya Jenis jaringan ini menggunakan Kabel Fiber Optic yang ditanam di bawah tanah ataupun bawah laut.


C. Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi


Topologi Jaringan adalah sebuah bentuk rangkaian atau susunan jaringan yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainya, Topologi jaringan ini memiliki beberapa jenis yaitu:

1. Topologi Ring

2. Topologi Bus

3. Topologi Star

4. Topologi Mesh

5. Topologi Linier

6. Topologi Tree




Macam dan Jenis Jaringan Komputer ini dapat kita gunakan sesuai sengan kegunaan dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan kita karena tiap tiap masing-masing jenis jaringan diatas memiliki fungsi, manfaat dan kekurangan yang pastinya berbeda satu sama lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel