Urutan Dan Tingkatan Versi Sistem Operasi Android

Tingkatan Sistem Operasi Android - Siapa sih yang gak kenal dengan Android, yah benar android adalah nama resmi dari  sistem Operasi berbasis Kernel Linux yang saat ini paling banyak digunakan pada perangkat Mobile seperti Smartphone atau Ponsel Pintar dan tablet.

Sistem Operasi Android ini awalnya dikembangkan Oleh Android inc dengan dukungan dana dari perusahaan internet Google dan pada akhirnya Google resmi membeli Android pada tahun 2005 dan kemudian Rilis pada 2007, Karena Android sendiri dibuat dengan basis kernel Linux maka kode sistem operasi android dirilis dengan lisensi Open Source, meski ada pula perangkat yang menggunakan kombinasi open source itu sendiri.

Sistem Operasi Android saat ini sudah memiliki banyak sekali versi atau urutan tingkatan sistem operasinya, dan hal yang membuat Sistem Operasi Android ini unik adalah mengenai Pemberian nama Makanan untuk setiap versinya dan juga pemberian nama tersebut berdasarkan Alphabet, yang dimulai dari Huruf C hingga seterusnya.
Perbedaan dari setiap versi Android yang cukup signifikan ini adalah pembaharuan dari tiap tiap versi terbarunya yang akan menutup bug atau memperbaiki problem pada versi sebelumnya dan juga dengan membawa fitur terbaru.

Urutan Tingkatan Sistem Operasi versi Android


Urutan Tingkatan Sistem Operasi versi Android
dan bagi kamu yang masih penasaran dengan Nama nama dan Tingkatan Sistem Operasi android berikut akan kita bahas :

1. Android v1.0 Astro (Alpha)

Sistem Operasi Android yang pertama sebenarnya sebelum mereka memberi nama makanan atau kudapan  untuk versi adalah Android v1.0 Astro (Alpha), sistem operasi android ini adalah yang pertama namun karena alasan (trademark) nama ini tidak jadi digunakan dan pada versi awal in belum ada perangkat yang dijual secara umum (Komersil).

2. Android v.1.1 Bender (Beta) 

Sama seperti sebelumnya untuk versi Android v.1.1 Bender (beta) ini tidak jadi digunakan karena masalah Trademark, untuk versi ini android merilisnya pada tanggal 5 November 2007 yang merupakan lanjutan dari versi sebelumnya yaitu Android v.10 Astro (Alpha).
Dan kemudian Ponsel yang lahir dengan Sisitem Operasi Android adalah Ponsel HTC Dream yang saat itu sudah bisa dijual secara Komersil.


3. Android Cupcake v.1.5 


Sistem Operasi Android Cupcake v.1.5 ini dirilis pada tanggal 30 April 2009, Sistem Operasi Android Cupcake V.1.5 ini adalah sistem operasi versi Android pertama yang menggunakan nama makanan atau kudapan, yang kemudian menjadi nama tradisi pada setiap versi terbaru yang mereka keluarkan.


 4. Android Donut v.1.6 


Belum sampai setahun setelah perilisan Android Cupcake v.1.5, Android kembali mengeluarkan Sistem operasi terbaru mereka tepatnya pada tanggal 15 september 2009 ,tujuan dari diluncurknanya versi ini adalah untuk menutupi bug yang terdapat pada versi sebelumnya, sekaligus dengan membawa beberapa fitur terbaru seperti multi bahasa sistem, dukungan layar unutk WVGA, Kecepatan dan Aplikasi kamera.


 5. Android Eclair v.2.0 - 2.1


Belum berselang beberapa lama setelah peluncuran Android Donut  v.1.6 Android kembali merilis versi terbaru dari Sistem Operasinya, Sama seperti sebelumnya tujuan dengan dirilisnya sistem operasi Android Eclair ini untuk menutupi Bug pada versi Sebelumnya, serta dengan menambah beberapa fitu terbaru seperti Bluetooth, Flash pada Camera, Multi Touch ,Live Wallpaper dan lain sebagainya.


 6. Android Froyo ( Frozen Yogurt ) v.2.2


Selanjutnya Sistem Operasi Android yang diberi nama Froyo atau Frozen Yogurt ini dirilis pada 20 Mei 2010, Kelebihan dari Android Froyo ini adalah peningkatan sistem kinerja dibanding dengan Versi Android sebelumnya seperti, Kecepatan memori, Kemampuan Browser lebih optimal dan fitud keamanan yang lebih ditingkatkan.

 7. Android Gingerbread v.2.3 


Berikutnya setelah merilis Android Froyo atau Frozen Yogurt Android kembali meluncurkan Sistem Operasi terbaru mereka yang mereka beri Nama Android Gingerbread v.2.3 pada tanggal 6 desember 2010 atau bertepatan dengan dihadirkanya Ponsel pintar Nexus dari Samsung yang menjadi tonggak awal kesuksesan Samsung sebagai Vendor Smartphone sekaligus melejitkan Nama Android.

Kelebihan dari Versi ini adalah Android Gingerbread mempunyai sensor yang lebih akurat, input Teks dan akurasi Keyboard dan masih banyak lagi.

 8. Android Honeycomb  v.3.0 - 3.2


Android Honeycomb dirilis pada tanggal 10 Mei 2011 yang pada saat itu dirancang secara khusus hanya untuk perangkat Tablet yang pada saat itu sedang populer, kehadiran Android Honeycomb ini juga membawa fitur terbaru yang lebih optimal.

 9. Android Ice Cream Sandwich v.4.0


Dipenghujung Akhir tahun 2011 atau lebih tepatnya 16 Desember 2011 Android kembali merilis Sistem Operasi terbarunya yang diberi nama Android Ice Cream Sandwich, kali ini bisa dibilang sebagai Pengoptimalan atau Penyempurnaan dari versi Android Honeycomb sehingga bisa digunakan pada Smartphone dan Tablet.

Android Ice Cream Sandwich ini juga dibekali dengan fitur terbaru seperti akses langsung dari layar pengunci, integrasi suara dan kunci deteksi wajah dan masih banyak lagi fitur terbarunya.

 10. Android Jelly Bean  v.4.1 - 4.3 

Selanjutnya pada 14 Juni 2012  Google kambali mengumungkan Android Jelly Bean 4,1 yang mana sistem Operasi Android  ini memiliki fitur jauh lebih cepat dan halus tujuan dari dirilisnya Sistem operasi Android Jelly bean ini adalah dengan tujuan utama untuk meningkatkan fungsi kinerja antarmuka pengguna dengan menggunakan fitur antisipasi sentuh triple buffering dan masih banyak lagi fitur pembaharuanya.


 11. Android KitKat  v.4.4


Sistem Operasi Android Kitkat ini adalah OS android yang cerdas dan sederhana, yang mana memiliki desain yang lebih halus dan meningkatkan kerja dan dibekali fitur terbaru, OS Android ini memulai sistemnya pada Nexus Google 5 pada Oktober 2013, dengan kualitas yang dioptimalkan sehingga mampu bekerja pada rentang yang lebih lama dari versi sebelumnya.

 12. Android Lollipop v.5.0 - 5.1


Pada tanggal 15 Oktober 2014 Google kembali merilis Sistem Operasi Android yang mereka beri nama dengan Lollipop yang mana Os ini mengusung  perubahan besar dari segi Flat pada User Interface dengan Konsep Material design.

Sistem Operasi Android ini sudah mampu mendukung arsitektur 64 bit sehingga mampu untuk penggunaan RAM diatas 3 GB.

 13. Android Marsmallow  v.6.0


Kemudian Pada bulan september 2015 Google kembali merilis Sistem operasi Android mereka, Nadroid Marshmallow ini berfokus pada peningkatan pengalaman Pengguna secara menyeluruh dari versi OS Android Lollipop, banyak sekali fitur terbaru seperti fitur aplikasi stand by, Fingerprint pada kunci Layar, Back up Full data Otomatis dan masih banyak fitur lainya.

 14. Android Nougat  v.7.0

Selanjutnya  Pada Akhir Juni  2016 google kembali memperkenalkan Sitem Operasi terbaru mereka yang diberi Nama Android Nougat, OS ini memperkenalkan perubahan yang penting untuk Platform dan pengembangan termasuk untuk menampilkan beberapa layar sekaligus dalam layar terpisah dan lain sebagainya.

 

 15. Android Oreo v.8.0

Dan yang Terkahir atau untuk versi terbaru dari  Sistem Operasi Android ini adalah Android Oreo v.8.0, yang resmi diumumkan pada bulan Agustus 2017, fitur yang dibawa oleh Android Oreo ini pun sudah sangat beragam dan diantaranya adalah Project Trebel, Aplikasi Modular yang membuatnya lebih cepat dan mudah bagi pembuat perangkat keras untuk menghadirkan pembaharuan, dukungan untuk Emoji Unicode 10.0 dan pergantian emo yang berbentuk Gumpalan dengan yang bulat dengan gradien garis yang besar.

Dan itulah tadi pembahasan singkat mengenai Urutan Tingkatan Android Versi sistem operasi yang tersedia atau terupdate saat ini, dan semoga Artikel ini mengobati rasa penasaran kita terhadap Sistem operasi android ini.


Referensi :
  • https://haiwiki.info/teknologi/urutan-tingkatan-versi-sistem-operasi-android/
  • https://techijau.com/urutan-versi-nama-android/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel