Berbagai Jenis Nama Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Berbagai Jenis Nama Virus Komputer - Dalam dunia IT atau Informasi Teknologi tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Virus Komputer atau juga biasa disebut dengan malware, Virus Komputer adalah Merupakan sebuah Program komputer yang memiliki kemampuan untuk mengurangi kinerja dari sebuah komputer atau laptop agar Eror, menghilangkan data atau bahkan merusak perangkatnya.

Karena efek dan masalah yang sering ditimbulkanya lah virus komputer ini sangat merepotkan dan juga sangat menghambat kinerja atau aktifitas kita dengan komputer, semisalnya sebuah virus bisa saja menggandakan dirinya sehingga membuat disk pada komputer kita berkurang dan lambat, contoh lainya adalah yang sangat merugikan kita adalah sebuah virus komputer juga bisa membuat beberapa dokumen penting kita hilang atau terhapus tanpa kita sadari dan masih banyak lagi.
Saat ini tercatat sudah banyak sekali jenis virus komputer yang bisa saja menyerang atau menggangu kinerja komputer kita kapan pun dan dimanapun, dan berikut adalah Berbagai Jenis Nama Virus Komputer yang dapat merusak program atau bahkan Perangkat Keras komputer, dan perlu kita ketahui bahwa Virus Komputer ini juga mempunyai kemampuan masing-masing yang berbeda dn bahaya atau efek yang ditimbukanya.

Berbagai Jenis Nama Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Berbagai Jenis Nama Virus Komputer dan cara Mengatasinya


Setidaknya saat ini sudah ada Berbagai Jenis Nama Virus Komputer yang bisa kita identifikasi dan bisa juga kita atasi saat terjadi permasalahan atau efek yang ditimbulkanya, dan berikut Berbagai Jenis Virus Komputer tersebut :


1. Trojan Virus

Virus Trojan Adalah Sebuah nama untuk virus komputer yang dibuat untuk menyerang Data baik itu mengendalikanya maupun mencuri data yang berada pada Komputer atau Laptop, jenis virus trojan ini biasanya menyebar melalui media Seperti Internet, email oleh karena kita harus tetap berhati - hati ketika menggunakan layanan tersebut.

Dan Cara yang paling ampuh untuk mencegah dan mengatasinya adalah dengan kita memasang program Antivirus Khusus Trojan Seperti Trojan Hunter atau Trojan Remover.
  
 2. Worm Virus
 Worm Virus adalah sebuah Program yang tidak begitu berbahaya namun dengan begitu kita tetap tidak meremehkanya begitu saja, Cara kerja dari viru ini adalah kemampuanya untuk Menggandakan Diri dengan waktu yang relatif cepat dan hal ini bisa berdampak pada kinerja koputer atau laptop kita, apabila virus worm ini sudah menjangkit dan menyebar pada komputer kita maka bisa membuat kinerja komputer kita menjadi lambat atau error karena memenuhi data atau memori pada Disk komputer.

Cara penyebaran virus ini adalah melalui sambungan Internet dan Media Pesan Seperti Email, dan cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasinya adalah dengan memasang Sebuah Program Antivirus Pro.


3. Memory Resident Virus

Sama Seperti namanya Memory Resident Virus ini adalah sebuah program Virus yang menyerang RAM (Random Access Memory) pada sebuah Komputer atau laptop,  yang artinya virus ini akan menyerang dan membuat kinerja RAM tidak optimal yang hanya akan membuat kinerja Sistem menjadi Lemot.

Cara mencegah dan  mengatasinya adalah cukup kita dengan memasang sebuah Program Antivirus Seperti, Smadav, Avast dan Sebagainya.


4. FAT Virus

FAT Virus adalah kependekan dari "File Alocation Table" atau sebuah program virus yang bertujuan menyerang File yang berada pada Komputer kita, dan biasaya virus ini bersebunyi pada data pribadi kita dimana Virus FAT ini memiliki kemampuan untuk menyembunyikan Data kita sehingga seolah-olah Hilang dan sulit untuk dicari.

Pencegahan yang dapat kita lakukan adalah adalah dengan mengidentifikasi Data atau File yang berada pada Hardisk komputer kita apabila terdapat File atau Data yang mencurigakan atau kita merasa tidak pernah menyimpanya berarti bisa dikatan itu adalah FAT Virus.


5.  Multipartite Virus 
Multipartite Virus Sebenarnya memiliki cara kerja yang sama dengan Memory Resident Virus dimana sama sama memiliki tujuan untuk menyerang RAM dan kemudian menyerang Sistem Operasi dan berlanjut pada Harddisk.

Cara Mengatasinya adalah dengan dengan rajin membersihkan Bad Sector atau juga melakukan  Disk Defragmneter.


6. Web Scripting Virus

Web Scripting Virus adalah sebuah kode yang yang terpasang pada sebuah website yang biasanya digunakan untuk mempercantik konten, namun kode itu yang nantinya akan menganggu program.

Cara mencegah dan mengatasinya adalah kita bisa dengan menggunakan Microsoft Tool bawaan windows atau juga bisa menggunakan Antivirus lainya.


7. Companion Virus
Companion Virus adalah sebuah program virus yang menyerang pada data pribadi kita, virus  ini akan bersembunyi pada Hardisk kita yang dimana dapat membuat format data palsu seperti gambar.png menjadi gambar.apk  dengan begitu lantas membuat kita agak kesulitan untuk mencari data yang asli.

Pencegahan yang bisa kita lakukan adalah dengan memasang dan rutin membersihkan dengan menggunakan Program Antivirus, dan perlu diingat jangan pernah sekali kali kita untuk membuka file tersebut.

8. Polymorphic Virus
Polymorphic Virus adalah salah satu virus yang dikenal cukup pintar karena virus ini sangat sulit untuk dideteksi dan dibersihkan dan juga virus ini juga mempunyai kemampuan untuk menyandi dirinya  dengan cara yang berbeda pada sebuah sistem.


9. Directory Virus
Directory Virus ini adalah program Virus yang memiliki kemampuan untuk menginfeksi file dengan ekstensi .exe , dan cara kerja dari virus ini adalah membuat file tersebut hilang dan saat dijalankan maka virus ini akan terdeteksi dan menyebar ke sistem lainya.


10. Macro Virus
Macro virus adalah sebuh virus yang sama seperti virus komputer pada umumnya dimana virus ini menyerang dan menginfeksi file file macro seperti .docx .pps .xls, virus ini dibuat dengan  menggunakan  bahasa pemrograman suatu aplikasi dimana virus ini dinilai lebih sulit dari virus lainya.

Penyebaranya biasanya pada media seprti email yang diterima dan cara pencegahan yang dapat kita lakukan adalah dengan tidak membuka kiriman email masuk yang mencurigakan.


11. Boot Sector Virus

Boot sector virus adalah sebuah virus yang tidak menyerang program atau sistem pada komputer seperti kebanyakan virus pada umumnya, tetapi Boot Sector Virus ini menyerang pada bagian terkecil pada sebuah Harddisk dan biasanya bersembunyi pada Floppy disk, dengan begitu virus ini dapat dengan leluasa bergerak kemana pun pada Hardsik.

Cara mengatasinya adalah dengan kita melakukan penyetingan Hard drive ke dalam Mode Write Protect.


12. Overwrite Viruses
 Virus  Overwrite virus ini juga sering disebut sebagai virus yang pintar karena virus ini dapat menghapus file atau data pada sistem yang sudah terinfeksi olehnya tanpa mengurangi size atau kapasitas Harddisk.

Cara mengatasinya adalah dengan kita mencari data yang sudah terinfeksi virus tersebut dan menghapusnya agar tidak menular pada file lainya.


13. Direct Action Virus
 
Direct Action Virus adalah sebuah virus yang menginfeksi file "Autoxec Bat" yang dimana virus ini bersembunyi pada directory harddisk yang mana kemampuan lainya adalah bisa menginfeksi pada perangkat eksternal.

Cara mengatasinya adalah cukup mudah yaitu cukup dengan kita rajin melakukan Scanning Antivirus secara rutin.


Dan itulah Berbagai Jenis Virus Komputer yang dapat menyerang dan menginfeksi Komputer kita namun juga kita tak perlu mengkhawatirkanya karena kita bisa melakukan pencegahan dan penanganan apabila terdapat salah satu dari 13 jenis diatas yang menyerang komputer kita, dan semoag artikel ini dapat bermnfaat bagi kita semua :)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel