Apa Itu Root Pada Android, Berikut ini Penjelasanya

Apa itu Root Android -  Mungkin dari kita sering mendengar kata atau istilah Root Pada Android  dan membuat kita bertanya tanya Apa Itu Root Pada Android ? Oke pada kesempatan kali ini kami akan sedikit memberikan informasi mengenai Apa itu Root Pada Android beserta Manfaat dan Kerugiannya.

Root Android atau Rooting Android adalah proses modifikasi Sistem Operasi Android sehingga Para pengguna memiliki akses tanpa batas yang mana pengguna di iziinkan untuk melakukan pengubahan seperti menambah, menghapus bahkan merusak elemen-elemen yang tedapat dalam Sistem Operasi Android itu sendiri.

Istilah Root sebenarnya mengacu pada Superuser pada administrator  pada semua Sistem Operasi Linux , Jadi dengan Root para User atau Pengguna memiliki akses penuh pada Sistem,  atau lebih tepatnya kita memiliki kendali penuh pada Sistem Operasi Android ini, Root memang diperbolehkan karena Android sendiri adalah sistem operasi terbuka atau Open Source.

Rooting dapat dilakukan oleh siapa saja bagi yang memiliki kemampuan Tweaking atau mereka yang suka Meng-Oprek sebuah Sistem,  namun Sekarang semua orang bisa melakukanya termasuk orang awam karena sekarang banyak Tutorial Bagaimana Cara Root Android,  jadi dengan kata lain sekarang anda bisa melakukan Rooting pada Android namun anda harus siap dengan resiko yang ditimbulkan,  Melakukan Root memang bisa membuat Kinerja Sistem Android semakin baik atau juga bisa malah sebaliknya,  berikut merupakan keuntungan dan kerugian jika anda melakukan Root pada Android.


Apa itu Root Android serta apa Manfaat dan Kerugianya

Apa Itu Root Pada Android dan Apa Manfaatnya

 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa segala sesuatu itu pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, sama seperti halnya Root Pada  Sistem Operasi Android ini dan berikut Manfaat dan kerugian atau hal yang bisa saja terjadi setelah Melakukan Rooting Pada Android.



Keuntungan yang Bisa didapat Setelah Melakukan Root Android



1. Akses tak terbatas 


Sperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa dengan melakukan Root pada Android maka Pengguna bisa memiliki akses yang tak terbatas dan dengan ini  User akan dengan leluasa memiliki hak akses penuh dan bisa membuat perubahan layaknya seorang Developer .

2. Dapat Menghapus Aplikasi Bawaan


Dengan Melakukan Root pada Android kita Dapat menghapus aplikasi bawaan Vendor itu sendiri dan  Para User juga  bisa menambahkan Aplikasi lainya yang tidak disediakan oleh developer.

3. Kendali Aplikasi Lengkap


Root Pada Android juga dapat membuat kita memiliki kendali Aplikasi yang lengkap, Termasuk Back Up Aplikasi maupun Sistem,  Sehingga kita para User jika ingin Mereset kita tak perlu lagi Mencari dan mengunduh Aplikasi kembali.

4. Dapat Melakukan Custom


kelebihan Root lainnya adalah dapat Mengubah atau Meng - Custom  tampilan pada ROM  atau bahkan dapat Memutakhirkan ke Versi yang lebih tinggi sehiingga dapat memaksimalkan Kinerja secara Optimal,  dan seorang yang memiliki kemampuan di bidang Developing dapat membuat  Android versi personal atau membuat Sistem Operasi Android mereka sendiri.

5. Memiliki Control CPU Secara Penuh


Dan terakhir dngan Melakukan Root pada Android juga dapat membuat kita memiliki Akses penuh terhadap kontrol CPU (Central Processing Unit) sehingga Para User dapat melalkukan Overclocking  Pada Processor atau memaksimalkan Kinerja Sistem Android itu sendiri.

Kerugian yang Bisa didapat Setelah Melakukan Root Android


1. Kehilangan Garansi  


Kehilangan Garansi atau membatalkan Garansi perangkat, hal ini dapat terjadi karena Sistem Operasi Android yang sudah tidak lagi seperti sedia kala, dengan melakukan Root maka sama saja kta dengan melakukan Modifikasi dan membuat Kita kehilangan Kehilangan Garansi atau membatalkan Garansi perangkat.

2. Perangkat Atau Sistem Akan Rusak


Penyalah gunaan hak akses root dapat menyebabkan Malfungsi pada perangkat atau kerusakan, dan hal ini sangat disayangkan apabila Perangkat Android yang kita miliki tidak dapat beroperasi dengan maksimal karena ada yang malfungsi atau rusak.

3. Menurunkan Performa Android itu Sendiri


Melakukan Root berlebihan dapat menyebabkan menurunya Kinerja sistem  Android, hal ini disebabkan karena elemen Perangkat Tersbut sudah berulanng kali dirubah atau dimodifikasi, jadi dengan melakukan Root yang berlebih sangat tidak baik dan tidak dianjurkan.

4. Kehilangan Smartphone Kesayangan


Dan resiko terburuk dari melakukan Root adalah Smartphone anda akan rusak dan tak bisa digunakan lagi, tentu ini sangat tidak dinginkan oleh kita semua bukanya mendapatkan hasil yang baik malah justru kita kehilangan Smartphone Android kita.



Jadi Kesimpulan dari Pembahasan Root Pada Android  adalah proses guna memaksimalkan kinerja atau memodifikasi sistem android, dan ini diperboleh lan karena android sendiri adalah Open Source atau sumber terbuka dimana usernya bebas melajukan modifikasi pada Sistemnya.  Mengingat kemungkinan terjadinya Kerusakan atau Kerugian  yang akan didapat dari Proses Root Android  ini maka sebaiknya kita memikirkan  terlebih dahulu sebelum melakukan Rooting.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel