Perbedaan Blogspot dengan Worpdress Menurut saya

Perbedaan Blogspot dengan Worpdress - Dalam Dunia Blogging Terdapat banyak sekali Platform blog  yang saat ini tersedia baik itu yang berbayar ataupun yang gratisan, namun dibalik banyak nya tersebut ada 2 platform blogging yang sangat populer dan paling banyak digunakan untuk keperluan blogging.
Perbedaan Blogspot dengan Worpdress

Kedua Platform tersebut adalah Blogspot/Blogger dan Wordpress, dan untuk wordpress itu mempunyai dua versi sendiri yaitu wordpress(dot)com dan wordpress(dot)org dan kedua versi ini mempunyai perbedaan tersendiri lagi.

Untuk platform Blogspot/Blogger(dot)com memberikan subdomain Blogspot(dot)com dan sedangkan untuk wordpress memberika subdomain wordpress(dot)com pada blog yang dibuat pada Platformnya, terdapat banyak sekali perbedaan antara keduanya yang seringkali membuat kita  para pemula kebingungan khususnya bagi yang baru memakai wordpress atau yang hendak bermgrasi ke wordpress.
Pada Postingan kali ini  kita akan membahas Perbedaan Blogspot dengan Worpdress Menurut pengalaman saya sendiri :


  • Tampilan atau Dashboard utama
Perbedaan yang pertama pastinya adalah tampilan atau dashboard tama kedua platform tersebut, keduanya memiiki jenis dashboard yang sangat berbeda mulai dari menu, fitur dan lain lain.

untuk yang pertama kali memakai wordpress atau bermigrasi dari blogspot ke wordpress pasti akan mengalami kebingungan dan kesulitan ketika hendak mengedit blog atau menambah sesuatu, karena menurut saya tampilan Blogge/blogspot lebih freindly bahkan untuk pemula sekalipun dibanding dengan wordpress.



  • Tema atau Template
Untuk tema atau template terdapat perbedaan yang sangat signifikan terutama untuk masalah  cara menganti tema atau template agar sesuai dengan yang kita inginkan karena berbeda dengan blogspot yang dengan sangat mudah mengganti atau mengedit template dengan sesuka hati kita sedangkan untuk wordpress sendiri susah untuk mengganti template kecuali template bawaan.

Kalaupun ingin mengganti template pada wordpress kita diharuskan mengupgrade atau membayar atau memilih paket wordpress.



  • Fitur
Membahas masalah banyak nya fitur yang ditawarkan tentunya wordpress lah juaranya karena sudah tersedia ratusan fitur yang tersedia tinggal kita pilih dan install saja plugin mana yang akan kita pakai dan ini berbeda dengan blogspot yang terbatas mengenai  masalah fitur ini.

Jadi kalau mengenai soal fitur atau plugin wordpress lah yang jauh lebih baik dan juara.



  • Hosting
Untuk Hosting pada blogger/blogspot sudah disediakan oleh pihak google nya sendiri jadi ketika kita hendak mengganti domain ke TLD maka kita tak perlu lagi menyewa atau membayar Hosting pada pihak ketika dan untuk space atau kapastitasnya pun tak terbatas namun satu hal yang perlu di perhatikan adalah ketika blog kita melanggar TOS dari Blogger itu sendiri maka bersiaplah terkena Banned atau bahkan dihapus blognya.

Berbeda dengan wordpress yang sangat terbatas space atau kapasitas Hosting yang disediakan untk versi yang gratisnya dan jika kita juga hendak mengganti domain wordpress kita ke domain TLD maka kita juga harus menyewa Hosting pada pihak ketiga seperti Namecheap. jadi untuk wordpress cukup mengeluarkan biaya berlebih jika ingin mengganti domain TLD dan Hosting.



  • SEO (Search Engine Optimation)
Sebuah Blog Pastinya memerluakn Optimasi SEO agar blognya atau halaman-nya bisa nagkring pageone atau pejwan sehingga banyak dikunjungi oleh visitor, ada perbedaan pendapa mengenai masalh SEO pada Wordpress dan Blogspot ini.

Ada yang beranggapan jika Wordpress jauh lebih baik untuk masalah SEO karena kita tinggal Pasang Plugin SEO dan Wow hasilnya, sedangkan ada juga yang beranggapan jika Blogspot itu lebih unggul ketimbang wordpress karena Blogger itu sendiri milik Google itu sendiri dan  sebagai Mesin Pencari terbesar dan terpopuler saat ini.

Jadi Untuk masalah SEO keduanya sama sama Bagus tinggal bagaimana kita sebagai Blogger mengoptimalkan kinerja SEO pada Blog kita.



  • Monetise atau Profit
Memiliki penghasilan dari blog merupakan dambaan setiap blogger bahkan banyak yang dengan sengaja tujuan blogger menekuni dunia blogging itu dengan tujuan Monetise atau keuntungan baik itu dari Iklan, jasa atau sebagainya.

baca juga :  8 Sumber penghasilan utama Seorang Blogger

Untuk pengguna Blogspot untuk memonetise blognya kita bisa mendaftar di Google Adsense  dan kita bisa dengan mudah memasang Kode iklan atau Script HTML yang telah tersedia didalamnya, berbeda dengan wordpress jika ingin memasang iklan dari Google Adsense yaitu kita harus mengupgrade Blog kita ke Domain TLD dan cukup ribet memang untuk pengguna wordpress dan sebagai alternatifnya ada layanan iklan sendiri dari pihak Wordpress yang bernama WordAds.

Jadi inti dari keduanya apakah bisa dipasangi iklan agar kita bisa mendapatkan uang atau keuntungan dari blog jawabanya adalah "BISA" cuman perbedaanya pada syarat dan langkahnya.


Kesimpulan

Kalau menurut saya kedua platform tersebut memanglah sangat powerfull dan terbaik dengan segala kelebihan yang ditawarkan didalamnya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing terserah kita ingin mencoba memakai yang mana Baik Blogspot ataupun Wordpress menurut saya sama bagusnya namun saya sendiri lebih memilih memakai blogger atau blogspot karena memang lebih nyaman saja menggunakanya hehe.

sekian artikel kali tentang Perbedaan Blogspot dengan Worpdress semoga bermanfaat dan menambah semangat kita nge-Blog.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel