Beberapa Kesalahan Blogger Pemula yang Kadang Mereka Abaikan

Dalam Membuat Blog atau membangun sebuah Blog itu memang bebas bray kamu berhak menentukan akan seperti apa blog yang kamu miliki itu, namun jika kamu ingin blog kamu terlihat lebih Profesional, menarik serta banyak pengunjungnya maka hindarilah beberapa Kesalahan yang lumayan fatal seorang blogger dalam kegiatan blogging-nya.

Kesalahan Blogger Pemula yang Kadang Mereka Abaikan

Yah walaupun saya juga masih pemula dan tentunya memiliki banyak kesalahan namun apa salahnya jika kita saling berbagi ilmu, pengalaman , agar sama sama kita bisa membangun blog yang lebih baik lagi dan kita bisa menikmati hasil dari kegiatan blogging ini .

berikut adalah beberapa ulasan kesalahan blogger pemula yang sering diabaikan dan sering dilakukan :

  • Terlalu Fokus Pada Monetisasi
Kesalahan Pertama yang banyak sekali dilakukan oleh para blogger pemula adalah terlalu fokus untuk bagaimana menghasilkan uang dengan cepat melalui blog, sehinga ketika blog nya sepi mereka akan malas menulis atau bahkan meninggalkanya (tidak konsisten).

Memonetisasi Blog memang sah sah saja  namun supaya benar benar menghasilkan tidaklah mudah butuh Optimasi, kerja keras, konsistensi dalam membuat Konten dan tentunya tidaklah Instan butuh waktu yang lumayan lama pastinya.

  • Konten Hasil Copas atau AGC (Auto Generate Conten)
Banyak  seorang Blogger yang malas untuk membuat tulisannya sendiri sehingga mereka melakukan Copas atau AGC, Cara ini sangat tidak dibenarkan dalam dunia Blogging banyak kerugiannya jika melakukan hal ini  baik si Peng-Copas maupun pemilik Blog yang di-Copas.

Kerugian yang didapat oleh peng-Copas tentunya lebih banyak dari  yang di-Copas yakni Blog akan mudah sekali terkena Pinalty oleh google, tidak diindeks ke mesin pencari, Banned dan Dosa tentunya, sedangkan kerugianya Untuk yang di-Copas hanya sebatas hasil karya tulisan mereka Tercuri maka hindarilah Copas atau AGC karena tulisan sendiri pasti lebih baik.

  • Sering Gonta-Ganti Template
Mengganti Template memang boleh saja namun hal ini dilakukan keseringan maka justru hal ini akan berdampak tidak baik bagi blog kita, Google akan menganggap Blog kita belum siap untuk ditampilkan di mesin pencari .

Sebelum memasang template blog pastikan Template tersebut sudah sesuai dengan kriteria  ditentukan oleh google, pilihlah template yang benar benar berkulitas bila perlu kita bisa membeli Template yang Premium.
  • Salah Menentukan Niche atau Topik Blog
Salah menentukan Niche Blog berarti juga salah tujuan membuat blog, banyak blogger yang berlomba membuat konten yang sedang Hits saja sedangkan mereka sendiri tidak terlalu paham atau bahkan tidak menguasai materi konten tersebut.

Pilihklah Niche yang kamu kuasai sehingga ketika kita membuat artikel pun kita tidak terlalu dibebankan, kita akan lebih nyaman menulis  apa yang ada didalam fikiran kita dibandingkan dengan menulis hal yang sama sekali tidak kita pahami, ada banyak sekali Macam-macam jenis niche untuk blogging tinggal kita pilih saja mana yang cocok buat kita.

  • Mengabaikan Optimasi SEO
Melakukan Optimasi SEO sangatlah penting untuk meningkatkan Blog kita di mesin pencari, banyak tahapan dalam melakukan Optimasi SEO ini dan tentunya dalam melakukan optimasi kita haruslah dimulai dari yang paling dasar dulu.

Segala Sesuatu haruslah dimulai dari yang paling dasar, karena bangunan setinggi dan semegah apapun jika tanpa tak mulai dari Pondasi (dasar) pastinya akan mudah roboh, untuk mempelajari masalah Optimasi SEO ini silahkan cari tutor atau mentor yang lebih berpengalaman.

  • Enggan Berdiskusi dengan Sesama Blogger
Berdiskusi sangatlah penting karena dengan berdiskusi dengan sesama Blogger kita akan mengetahui masalah apa yang sering dihadapi selama Blogging, dengan berdiskusi kita bisa bertukar ilmu, pengalaman, tips, dan lain sebagainya.

Banyak tempat untuk berdiskusi dengan sesama Blogger ini baik melalui Forum, Group Facebook, komunitas, Blog Walking dan lain sebagainya.
  • Menulis bukan Untuk Pengunjung 
 Banyak dari Blogger yang sering mengabaikan hal ini mereka berpendapat Artikel yang SEO yang dapat nangkring diurutan halaman pertama pencarian Google adalah Artikel yang banyak sekali mengandung dari Keyword utama, sehingga tak jarang mereka mengabaikan Kebutuhan pengunjung itu sendiri.


Padahal Target utama dari sebuah Blog adalah Untuk pengunjung agar mereka nyaman ketika membaca Artikel yang kita baca.


  • Jarang Update Postingan
Kegiatan Blogging adalah kegiatan untuk menyampaikan informasi, pengetahuan , dan sebagainya secara terus menerus dan jika blog jarang banget Update maka pastinya akan membuat kecewa pembacanya jika blog tersebut sudah memiliki pembaca tetap dan pastinya jika blog jarang update artikel terbaru maka Search engine juga enggan untuk meliriknya arena dianggap blog tersebut sudah mati.

Seorang Blogger haruslah konsisten dalam membuat artikelnya, sangat disayang kan jika kita sudah cape-cape membangun sebuah Blog dan tiba-tiba kita tidak mengupdate nya.


  • Tidak Submit Ke Google Webmaster
Melakukan Submit ke Google Webmaster sangat penting karena percuma jika sudah capek-capek membuat artikel  dan namun tidak melakukan hal ini, Selain untuk mempercepat Proses pengindeks-an cara ini juga dapat memberi tahu kita kinerja dari blog kita.

  • Tidak Melakukan Promosi
Ada Banyak cara mem-promosikan Blog dan Artikel kita Agar rame oleh pengunjung cara yang paling murah dan mudah adalah dengan mem-promosikanya lewat media sosial yang kita miliki, karena jika kita mempromosika Blog kita melalui media Sosial kita maka kemungkinan akan ada banyak orang yang tahu dengan dengan Blog kita.

  • Tidak Serius Mendalami Dunia Blogging
Untuk menjadi seorang Blogger yang berpengalaman tentunya kita juga harus mengasah kemampuan yang kita miliki karena perkembanganya dari ketahun tahun persaingan Blog sangatlah kompetetif , sehingga dibutuhkan Skill yang mempuni juga agar dapat bersaing.

Menjadi Seorang Blogger juga berarti harus siap menghadapi tantangan perkembangan Zaman yan semakin canggih ini.


  • Tidak Fokus Pada Satu Blog
Seorang Blogger pemula seperti saya pada awal nge-blog  memang sering tergiur untuk membuat beberapa Blog sekaligus apalagi jika yang pertama tadi jelek dan kurang menarik pasti akan mudah tergiur untuk membuat blog lagi.

Nah justru hal ini lah yang membuat kita tidak fokus pada satu blog, bukanya mengembangkannya agar lebih maju malah membuat lagi dari nol dan tentu ini akan sangat menghambat konsentrasi kita dalam membuat artikel dan fatalnya adalah salah satu blog tersebut akan dikesampingkan atau bahkan berhenti nge-blog karena cape harus mengurus banyak blog maka sangatlah penting untuk fokus terhadap satu blog terlebih dahulu.

Mungkin saya kira cukup sampai disini dulu penejelasan mengenai kesalahan Blogger pemula dalam membangun Blog, sebenarnya masih banyak lagi Aspek yang harus diperhatikan dalam dunia Blogging ini mungkin jika ada tambahan atau masukan bisa dituliskan dikolom komentar :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel